KOMISI IV DPRD MENILAI PELAKSANAAN UN DI KOTA SOLO BERJALAN LANCAR

PKS Kota Solo -  Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat Sekolah Menengah Atas / Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) di Kota Surakarta hari Rabu (6/4) ini telah selesai pelaksanaannya. Selama tiga hari pelaksaan UN ini, Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah sekolah.
Sekretaris Komisi IV DPRD, Asih Sunjoto menyampaikan, sesuai hasil sidak ke sejumlah sekolah secara umum pelaksanaan UN tingkat SMA/SMK di Kota Surakarta tahun 2016 ini berjalan dengan lancar.
"Dari pantauan kami, UN untuk tingkat SMA sederajat di Kota Solo berjalan lancar dan tertib. Saat ini 80% sekolah sudah menggunakan Computer Based Test (CBT) sementara yg masih menggunakan sistem lama dengan alat tulis sebanyak 20%" jelas Asih yang juga Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Kota Surakarta ini.
Ada beberapa catatan menarik selama tinjauan lapangan yang dilaksanakan Komisi IV DPRD saat UN tahun ini yaitu penyandang difabel tetap bisa mengikuti pelaksanaan UN dengan baik. Seperti di SMA Muhammadiyah 6 ada tiga siswa tuna netra yang tetap semangat mengerjakan soal dengan dibacakan oleh pengawas.
"Begitu juga di SMA Negeri 8 ada satu siswa tunanetra dan satu siswa low vision yang tetap bisa mengikuti UN sampai selesai" ujar Asih.
Asih menyampaikan, Komisi IV menilai pelaksanaan UN di Solo tahun ini sudah baik meskipun belum semua sekolah menggunakan CBT, "Harapannya UN tahun depan SMA/SMK di Surakarta semuanya sudah menggunakan CBT" pungkasnya.
Previous
Next Post »