Relokasi PKL Gerobak Kuning, Bukti Pemkot Kurang Perencanaan

PKS Kota Solo - Polemik relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) gerobak kuning Jalan Slamet Riyadi yang terus bergulir menjadi sorotan kalangan dewan. Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Surakarta Sugeng Riyanto mengatakan, ketidakpuasan PKL terhadap kawasan relokasi merupakan imbas dari kurang matangnya perencanaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta. Kebijakan Pemkot dinilai terlalu dipaksakan.
“Mestinya Pemkot dapat memberikan solusi sebelum menentukan kebijakan. Ini kan tidak, lokasi yang baru saja belum layak bagi PKL. Kan kesannya dipaksakan,” ujar Sugeng kepada wartawan, Jumat (15/4). Sugeng mengatakan, Pemkot tidak menjalankan tata kelola pemerintahan sebagaimana mestinya dalam relokasi PKL tersebut. Tak heran apabila upaya penataan yang dilakukan mendapat banyak pertentangan.
Di sisi lain perencanaan yang kurang matang berpengaruh pada nasib para PKL. Semenjak menempati lokasi baru, omzet mereka menurun. “Mereka kurang mendapat sarana semestinya. Pemkot seharusnya bergerak cepat untuk menyiapkan selter yang layak,” sebutnya. Apabila Pemkot tak segera menyelesaikan persoalan tersebut, Sugeng khawatir akan muncul perlawanan publik yang lebih luas.
“Harusnya kalau mau merelokasi, setidaknya ada alasan yang membuat PKL tidak menolaknya. Kita lihat sekarang, lokasinya kurang layak. Kalau dari awal perencanaannya matang tidak akan terjadi pertentangan,” tandasnya.
Sumber : joglosemar.com
Previous
Next Post »