Nguri-uri Budaya, Pertunjukan Kethoprak Meriahkan Halal Bihalal PKS Solo

PKS Kota Solo - Bulan syawal tahun ini, gedung kesenian Taman Balaikambang kembali dipenuhi oleh keluarga kader dan simpatisan PKS Kota Solo yang sedang mengadakan halal bihalal pada Minggu (24/7) pagi. Nguri-uri budaya menjadi alasan panitia memilih gedung kesenian Taman Balaikambang sebagai tempat. Niat nguri uri budaya pun direalisasikan dengan rangkaian acara yang penuh nuansa budaya. Pertunjukan seni dari masing-masing DPC PKS baik pengurus, kader, anak kader juga simpatisan disuguhkan untuk menghibur semua yang hadir di gedung kesenian Taman Balaikambang.
Salah satunya adalah pertunjukan kethoprak yang dimainkan oleh kader DPC PKS Pasar Kliwon. Selain menghibur, kethoprak berjudul "Ontran Ontran ing Blambangan" juga sarat akan pesan. Kethoprak menceritakan tentang adanya kegaduhan di negeri Blambangan karena ada orang yang sengaja meletakkan batu besar ditengah jalan utama negri tersebut. Hal tersebut menyebabkan banyak orang saling melemparkan tugas untuk memindahkan batu besar itu ke tepi jalan. Yang tua melempar ke yang muda, yang kaya melempar ke yang miskin. Setelah berdebat dengan berbagai kesombongan mereka, satu per satu dari mereka pun mencoba. Namun tak ada satu pun yang mampu memindahkan.
Datanglah tiga orang sederhana yang mencari tahu masalah dan berusaha menyelesaikan. Dengan ikhlas dan tanpa banyak berkata, mereka bertiga bersama memindahkan batu besar dan mereka pun berhasil. Namun ternyata ada pesan dibawah batu besar tersebut. Pesan yang menyampaikan bahwa seseorang sengaja meletakkan batu besar di tengah jalan dan ingin melihat siapakah orang ikhlas yang mampu memindahkannya. Bagi yang ikhlas memindahkan akan mendapatkan hadiah berupa harta dan jika masih jomblo akan mendapat proposal nikah dari seorang putri yang cantik lagi sholihah.
Narasi kethoprak yang dibuat dan didalangi sendiri oleh kader PKS DPC Pasar Kliwon, Ihsan YePe, ingin memberikan pesan kepada semua kader PKS bahwa setiap kader PKS harus siap siaga dalam menghadapi permasalahan apapun. Tak perlu melemparkan tugas kepada yang tua atau muda saja, yang kaya atau yang miskin saja, melainkan tua-muda, kaya-miskin, semua harus ikut ambil bagian. Selain itu, Kader PKS harus ikhlas dan istiqomah berkhidmat untuk rakyat dalam keadaan apapun.
Selain kethoprak juga ada pertunjukan nasyid dari DPC PKS Banjarsari, teatrikal remaja dari DPC PKS Jebres, hafalan Al Qur'an dengan gerakan tangan dari DPC PKS Laweyan, dramamusikal dolanan anak dari DPC PKS Serengan juga pertunjukan beladiri dari perwakilan Kepanduan DPD PKS Kota Solo.
Narasi : @aRRa
Foto : Ikhwan / RPF Kota Solo
Previous
Next Post »