DPR Dorong Menlu Segera Pulangkan Calon Jamaah Haji Dari Filipina

PKS Kota Solo - Persoalan penyelesaian warga Indonesia yang ditahan di Filipina karena paspor ilegal untuk berangkat haji menjadi isu yang banyak ditanyakan para anggota Komisi I DPR ke Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi‎ dalam rapat kerja hari ini, Rabu (31/08). Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mendorong kementerian luar negeri untuk mempercepat pemulangan WNI yang ditahan di filipina.
 "WNI yang kini tertahan di filipina notabennya adalah korban, Oleh karena itu KBRI beserta Kemenlu harus melobi pemerintah filipina agar proses pemulangan bisa dipercepat, sedangkan pihak yang harus bertanggung jawab terkait adanya pelanggaran keimigrasian adalah biro penyelenggara" Tegas kharis.
Kharis menambahkan munculnya kasus-kasus tersebut disebabkan karena distribusi kuota haji di negara-negara Asean yang tidak sesuai porsi, terlebih pada tahun ini kuota haji Indonesia turun dari tahun-tahun sebelumnya.
“Indonesia adalah salah satu negara yang daftar tunggu hajinya cukup lama, tapi ada negara seperti filipina yang tiap tahunnya memiliki sisa kuota haji yang cukup banyak, oleh karena itu kami mendorong pemerintah Indonesia dapat menginisiasi pertemuan antara negara ASEAN dengan Kerajaan Arab Saudi yang bertujuan membahas kuota haji di negara-negara ASEAN yang Muslimnya minoritas sehingga bisa dimanfaatkan negara-negara lain yang memiliki daftar tunggu panjang seperti Indonesia dan Malaysia" Ujar Aleg PKS asal Solo ini. (AR)
Previous
Next Post »