Kalangan Dewan Sepakat Wacana Full Day School

PKS Kota Solo - Rencana pelaksanaan Sekolah Full Day mendapat tanggapan positif dari kalangan DPRD Kota Surakarta. Legislator menilai kebijakan tersebut bakal efektif apabila diterapkan di kawasan seperti Kota Solo.

Wakil Ketua DPRD Kota Surakarta, Abdul Ghofar Ismail mengatakan gagasan konsep tersebut cukup beralasan. Terlebih, kondisi lingkungan masa kini tergolong kurang ramah untuk perkembangan anak.

“Yang paling kondusif tentu di sekolah. Kalau soal bosan atau tidak, tinggal nanti teknis pembelajarannya seperti apa. Tapi semua kembali ke kebutuhan orang untuk mengarahkan pendidikan. Silakan pemerintah mengkaji format terbaiknya bagaimana,” ucapnya.
Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Kota Surakarta, Reny Widyawati menyebutkan, pola pengawasan orang tua terhadap anak di lingkungan perkotaan dirasa masih kurang. Konsep full day school lewat kegiatan yang terpusat di sekolah dianggap tepat untuk membantu pengawasan terhadap tumbuh kembang anak.
“Saya rasa memang anak-anak lebih bagus jika menghabiskan waktu di sekolah ketimbang di luar sekolah. Bukannya kurang interaksi dengan lingkungan sekitar, sebab di sekolah pun dimungkinkan untuk mendapat serupa juga sebenarnya,” ujar Reny
Sebelumnya, Walikota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo menilai jika rencana pelaksanaan Sekolah Full Day tidak pas untuk diterapkan. Hal ini justru akan membuat anak menjadi jenuh dan masa kecilnya habis.

“Saya rasa itu tidak pas dan membuat jenuh. Tapi ini kan baru sekedar wacana dan itu boleh-boleh saja tapi harus dikaji terlebih dahulu,” ujarnya, Selasa (9/8/2016).
Sumber : Harian Joglosemar Kamis 11 Agustus 2016 (http://joglosemar.co/2016/08/rudy-menolak-dewan-justru-sepakat-wacana-full-day-school.html)
Previous
Next Post »