Legislator Sayangkan Ada Dugaan Penyelewengan Proyek Puskesmas

PKS KOTA SOLO – Dugaan penyelewengan dalam proyek Puskesmas Pucangsawit mengundang tanggapan dari sejumlah kalangan dewan. Legislator menyayangkan indikasi tersebut baru mencuat setelah sekian lama pembangunan berjalan.
Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Surakarta, Asih Sunjoto Putro mengatakan, pihaknya selalu menekankan pentingnya tugas pengawas proyek di lapangan. Sebagai pihak yang tergolong independen, mereka semestinya bertugas berdasarkan fungsinya.
“Kita menyayangkan, kenapa baru ada temuan? Artinya fungsi pengawas kerja di sana tidak maksimal,” ujar Asih legislator dari PKS Kota Solo ini, Kamis (4/8/2016).

Asih mengakui, tak jarang terdapat pihak-pihak di lingkup pembangunan yang memanfaatkan situasi guna menangguk keuntungan. Hal itu mesti diantisipasi supaya tak menimbulkan polemik berkepanjangan.
“Jangan ada yang namanya kong kalikong. Harus obyektif,” sebutnya.
Pengungkapan kasus dugaan korupsi tersebut akan menjadi catatan tersendiri bagi dewan, kaitannya untuk memperkuat pengawasan di masa mendatang.
Asih mengatakan, aspek krusial yang wajib dipelototi adalah keselarasan spesifikasi pembangunan sesuai dengan Detail Engineering Design (DED).
“Kalau ada temuan kan semua yang bakal menanggung risiko. Jangan sampai yang terjadi di Pucangsawit terulang di proyek lainnya,” tandasnya.

Sumber: joglosemar.co
Previous
Next Post »