Penipuan di Facebook Atas Namakan Nama Anggota Dewan PKS Solo

Berbagai cara dilakukan orang yang ingin berbuat jahat. Di media sosial Facebook, selain membobol akun, pelaku kejahatan juga membuat akun baru orang-orang tertentu untuk kemudian digunakan mengambil keuntungan. Seperti yang terjadi pada akun Facebook Anggota DPRD Solo dari Fraksi PKS, Asih Sunjoto Putro. Asih yang akun aslinya bernama Asih Sunjoto Putro di-kloning oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan membuat akun baru bernama Asih Sunjoto Putra. Hanya terdapat beda huruf o dan a, di nama belakang. Untuk meyakinkan orang yang hendak ditipu, akun abal-abal tersebut memasang foto profil dari foto-foto di akun asli. Akun abal-abal itu kemudian mengirim permintaan pertemanan kepada teman-teman Facebook akun asli.
Asih mengumumkan ulah orang yang tak bertanggung jawab itu di akun Facebooknya, Kamis (25/8/2016) pukul 19.27 WIB. "Maaf ... ada yg buat akun fb diatasnamakan saya .. tapi itu bukan saya ... tolong tdk ditanggapi ...." tulis Asih Sunjoto Putro yang merupakan politisi PKS ini. Teman-teman Facebook Asih pun kemudian membenarkan adanya akun baru atas nama Asih Sunjoto Putra yang meminta pertemanan. Setelah diterima, akun tersebut kemudian meminta kiriman pulsa sebesar Rp 100.000.
"Iya pak, minta pulsa," tulis Endang Novi.
"Langsung tanpa pikir panjang saya konfirmasi.. saya kira ustadz Asih Sunjoto Putro.. tapi stlh baca status ini langsung saya delcont.. kok ya sdh banyak yg di add yaa..," tulis Achirul Hasani.
"Td sy diminta pertemanan...sempat curiga jg..tp sdh terlanjur sy konfirmasi...syukron informasinya," tulis Gunawan Adila Sragen.
"Minta pulsa 100rb... Tp tenang aja tadz..," tulis Ahmad Antoni.
Teman Facebook Asih, Diny Araya, juga memberitahukan perihal penipuan itu di akun Facebook miliknya.
"Teman2 yg mungkin di add akun baru yang memakai nama dan foto pak Asih Sunjoto Putro,, yg ada fotonya mbak Yosefina Widha segala di wallnya, jangan dikonfirm ya... akun palsu itu ,"tulisnya.
Jadi, hati-hati ya! Apalagi kalau ada yang meminta pulsa atau meminta sesuatu.
Perlu dikonfirmasi dulu ke yang bersangkutan.
Sumber: http://solo.tribunnews.com/
Previous
Next Post »