Komisi I DPR RI Restui BG Menjadi Kepala BIN Dengan Catatan

Jakarta, PKS Kota Solo - Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan merampungkan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) di Komisi I DPR. Pria yang akrab disapa BG itu mendapat restu dari Komisi I DPR sebagai Kepala BIN. Namun, Komisi I turut memberikan beberapa catatan untuk hasil fit and proper tes tersebut.
Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari mengatakan, pendalaman terhadap calon ketua BIN tersebut berlangsung kurang lebih 4 jam. Dari 10 fraksi telah menyampaikan pandangan dan pendapat yang menghasilkan pertimbangan kepada calon Kepala BIN, sebagaimana diatur UU Nomor 17 tahun 2011 tentang intelijen negara, Pasal 199 ayat 2 tatib.
"Hasil pembahasan komisi dilaporkan dalam Bamus selanjutnya ditetapkan dalam rapat paripurna. Kami melakukan pertimbangan yang terbagi dalam tiga tahap. Pertama, kata dia, yakni melalui seleksi administrasi yang meliputi kelengkapan administrasi. Kedua pemaparan visi dan misi. Ketiga adalah memperhatikan sejumlah isu fundamental yang krusial yang merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi intelijen. Mulai dari perkembangan politik nasional, kebangsaan, dan regional serta Internasional," ujarnya.
Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengatakan Komisi I turut mempertimbangkan latar belakang calon dan pengalaman Budi Gunawan di Polri. Kharis menegaskan intelijen bukan hanya bertugas mendeteksi dan memberi peringatan dini dalam rangka pencegahan. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2011 menyatakan mereka berfungsi sebagai penangkalan dan penanggulangan setiap ancaman terhadap keamanan nasional.
“Fungsi Intelijen harus bisa menghasilkan perumusan kebijakan, strategi nasional dan pengambilan keputusan berdasarkan analisis dari informasi dan fakta, sehingga tidak terulang kembali kecolongan seperti peristiwa teror di thamrin dan bom di solo,” Tutur Aleg asal Solo.
Menurut Kharis, Calon Kepala BIN telah memberikan pemaparan baik dan komprehensif. Komisi I menerima dan mendukung Komjen Pol Budi Gunawan yang diajukan Jokowi sebagai calon Kepala BIN.
"Pertimbangan ini akan kami sampaikan ke pimpinan DPR dan dibawa ke forum paripurna sebagai pengesahan," Tutup Kharis. (AR)
Previous
Next Post »