Solo Utara akan Jadi Kawasan Wisata Baru

PKS Kota Solo - Wajah Solo Utara akan diubah menjadi kawasan wisata berbasis jasa perdagangan dan kerajinan dalam jangka 10 tahun ke depan. Hal itu menjadi salah satu materi pembahasan Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan (RIPKa) DPRD Kota Solo.
Anggota Pansus Raperda RIPKA, Asih Sunjoto Putro, mengatakan pembahasan RIPKa tak terlepas dari Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Solo dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Solo.
“Pengembangan Solo Utara masih masih diperjuangkan,” ujarnya legislator asal Partai Keadilan Sejahtera [PKS] itu, Rabu (31/8).
Sementara itu, Ketua Pansus Raperda RIPKa, Putut Gunawan, mengatakan Solo Utara masuk dalam salah satu rencana jangka panjang. Solo Utara akan dikembangkan menjadi kawasan wisata jasa perdagangan dan kerajinan.
“Salah satu potensi strategis adalah pariwisata buatan. Solo Utara memiliki potensi itu. Saat ini di Mojosongo [Kecamatan Jebres] banyak sentra kerajinan sangkar burung dan bambu. Sentra-sentra itu bisa dikelola, misalnya didirikan workshop untuk menarik wisatawan khususnya karya wisata,” kata dia saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya.
Selain kerajinan sangkar burung dan bambu, ada pula sentra pengrajin tahu dan tempe. Belum lama ini masyarakat Kampung Krajan, Mojosongo, sudah memulai mengembangkan lokasi usaha mereka sebagai workshop.
Sumber : Solopos / Editor : AR

Previous
Next Post »