Pembangunan Pusat Perbelanjaan di Terminal Tirtonadi Disorot

PKS Kota Solo — Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta untuk mendirikan pusat perbelanjaan di lantai atas Terminal Tirtonadi mendapat perhatian DPRD. Wakil rakyat berharap pusat perbelanjaan tersebut bisa berdampak ekonomi bagi warga Solo dan sekitarnya.
“Keberadaan pusat perbelanjaan itu seharusnya bisa memberi dampak positif bagi perekonomian di Kota Solo,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Surakarta, Sugeng Riyanto, Senin (31/10).
Selain dampak positif terhadap perekonomian, Sugeng pun mendorong Pemkot untuk memastikan soal fungsi utama terminal sebagai pusat sarana transportasi. Artinya, pusat perbelanjaan hanya sekadar mendukung keberadaan terminal saja.
“Jangan sampai nanti malah mengganggu fungsi utama bangunan tersebut sebagai terminal,” sebutnya.
Selama ini, sarana pendukung terminal berupa kios pedagang kerap tak memberi dampak signifikan terhadap pedagang. Banyak diantara pedagang yang mengeluh lantaran kios mereka sepi dikunjungi pembeli. Hal itu pula yang disoroti Sugeng.
Menurutnya, Pemkot mesti berkaca pada kondisi itu untuk memastikan pusat perbelanjaan nanti tetap dikunjungi penumpang atau pembeli lainnya. Dengan kata lain, pembangunan pusat perbelanjaan tidak muspro.
“Itu kajiannya yang belum pernah kita dapatkan. Tapi mestinya sudah ada kajian dari Pemkot sebelum memutuskan untuk mendirikan pusat perbelanjaan di atas terminal,” tandasnya.
Sumber : Timlo
Previous
Next Post »