Puluhan Pegiat Bank Sampah Sampaikan Aspirasi Saat Reses Dewan

PKS Kota Solo - Wakil Ketua Komisi III DPRD Solo, Sugeng Riyanto, mengundang komunitas bank sampah se-Solo dalam agenda reses di Gedung Lansia RW 020 Jebres pada Sabtu (26/11). Ia juga mengundang Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dalam acara tersebut. Puluhan pegiat Bank Sampah nampak hadir dalam kegiatan serap aspirasi tersebut.
“Sudah ada 50-an bank sampah di Solo. Yang hadir dalam reses ada 30-an perwakilan. Mereka bisa menjadi bagian dari solusi persampahan kota jika Pemkot Solo bisa memberi dukungan nyata pada mereka,” terangnya kepada Espos, Senin.
Politikus PKS itu mengatakan, pemkot bisa melakukan edukasi secara massif ke masyarakat sehinga tiap RW minimal memiliki satu bank sampah. Para aktivis tersebut hendaknya ditingkatkan kemampuan mereka sehingga ada banyak produk yang dihasilkan.
Pemkot juga sebaiknya melakukan monitoring dan evaluasi. Setelah itu, pemkot dapat memberikan dukungan untuk penjualan produk bank sampah.
“Mereka sudah punya produk seperti pupuk cair organik, pupuk padat organik, berbagai kerajinan tangan dan beragam jenis sampah yang bisa didaur ulang,” terang dia. (AR-ed)
Sumber : Solopos
Previous
Next Post »