PKS Solo: Kriteria Calon Walikota Solo Ideal Muda dan Entrepeneur

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membeberkan tiga kriteria utama bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang akan diusungnya dalam Pilkada Solo 2020.

Menurut Ketua Tim Pemenangan Pemilu Daerah (TPPD) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Solo, Sugeng Riyanto, pihaknya masih melakukan penjaringan terhadap bakal calon wali kota dan wakil wali kota.

"Kami masih mengumpulkan data, baik bakal calon dari internal maupun eksternal," kata dia saat menjadi pembicara dalam diskusi Ngobrol Mewah (Mepet Sawah) bertema 'Solo Mencari Wali Kota' di gedung Tribunnews Solo, Jalan Adi Soemarmo 335a, Klodran, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Kamis (19/9/2019).
Sugeng Riyanto lantas menyebutkan ada tiga kriteria, terutama bagi Calon Wali Kota Solo yakni muda dan memiliki spirit muda, berjiwa enterpreneur hingga paham dengan konsep pembangunan yang berbasis eco cultural city.

"Kami rasa harus seperti itu, kriteria untuk Wali Kota Solo ke depan (2020-2025)," papar Sugeng.

Lebih lanjut legislator DPRD Solo dua periode itu menjelaskan, Kota Bengawan membutuhkan calon pemimpin yang visioner dan mengetahui akar masalah di antaranya harus mampu mengatasi kemiskinan.

Pasalnya kemiskinan di Solo menurut dia, masih tinggi sehingga harus diperhatikan dengan serius.

Sementara soal prinsip pembangunan berbasis eco cultural city , agar kota tetap hijau dan tidak mudah banjir saat penghujan.

"Harus berpihak ke lingkungan," papar Sugeng.

Namun saat disinggung apakah kriteria tersebut ada pada putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi),Gibran Rakabuming Raka yang masuk bursa bakal calon wali kota dalamPilkada Solo 2020, Sugeng enggan menyebutkan secara pasti.

"Kami memiliki sistem penjaringan sendiri," aku dia.

"Kami ada calon sendiri yang kami seleksi dan jaring, tapi dalam politik juga banyak kemungkinan, termasuk pada Mas Gibran," paparnya menegaskan sembari tersenyum lebar. (*)

Previous
Next Post »