PKS Kota SOLO - Jum'at berkah dan cerah, secerah wajah anak-anak ALIF (Anak Laweyan Muslim Kreatif ) hari ini (16/2) dengan antusias mengikuti kegiatan ALIF Adventure, yaitu belajar berkuda.

Kegiatan ini dilaksanakan di area "Solo Berkuda ex Goro Assalam.
Dengan berbekal semangat dan keberanian para peserta berkumpul di Masjid Ibadurrahman.
Agenda kali ini di awali dengan sholat Dhuha bersama kemudian menuju ke area berkuda dengan berjalan kaki, karena memang lokasi nya tidak terlalu jauh.

Sebelum anak-anak mencoba menaiki kuda secara bergantian ada pengarahan dulu dari penyelenggara. Pengarahan ini berupa bagaimana berinteraksi dengan kuda dan bagaimana teknik manaiki kuda, mengendalikan kuda ketika berjalan serta turun dari kuda.

Setiap anak mempunyai dua kesempatan untuk belajar .
Bersama kakak pendamping dan 3 ekor kuda yang disediakan oleh penyelenggara, anak-anak secara bergantian mencoba berkenalan, menaiki dan mengendalikan kuda saat berjalan.

Dari 50 anak yang ikut serta , setiap 3 anak menunggu giliran untuk berkuda dengan dipanggil oleh kakak panitia, dimulai dari usia yang lebih tua. Sambil menunggu panggilan, anak-anak bisa bermain dengan permainan yang sudah disediakan oleh kakak panitia. Permainam tersebut berupa, kolase gambar kuda (seni menempel pada gambar), lompat tali dan sepak bola.
Walaupun hari semakin panas namun tak menyurutkan semangat dan antusisme anak-anak mengikuti kegiatan sampai selesai.

Tak hanya anak-anak yang semangat untuk berkuda, para orang tua yang menyaksikan agenda tersebut juga mencoba belajar berkuda.
Wah kompak ini anak sama orang tuanya. Karena ini hari jum'at dan untuk persiapan sholat jum'at , agenda berkuda di tutup pukul 11 : 00 .

Rasulullah bersabda, 
“Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah” (Riwayat Sahih Bukhari-Muslim)

Mumpung ada fasilitas tempat berkuda di tengah kota Solo "Solo Berkuda", mari para orang tua ajak anak-anak untuk mencintai olah raga sunnah, salah satunya berkuda

Go to top