Masa Transisi Pedagang, Harusnya Pasar Klewer Solo Ditarget PAD

PKS Kota Solo - Pasar Klewer Solo akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (21/4/2017). Karena masih masa transisi dengan adanya pemindahan pedagang dari pasar darurat ke bangunan permanen, pasar sandang itu belum akan dibebani dengan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2017 ini.
Untuk diketahui, sebelum terbakar pada 27 Desember 2014 lalu, pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah ini menyumbang PAD sebesar Rp3,5 miliar. Namun demikian, dalam dua tahun terakhir pemasukan untuk keuangan daerah itu menurun drastis karena Pemerintah Kota (Pemkot) Solo membebaskan retribusi bagi para pedagang.
Wakil Ketua Komisi III DPRD Solo, Sugeng Riyanto, menilai meski baru masa peralihan Pasar Klewer seharusnya bisa ditarget PAD lebih dari Rp3 miliar dimulai dari Mei hingga Desember mendatang.
“Pihak pasar bisa mengoptimalkan menggenjot PAD mengingat kini bangunan baru sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Dinas Perdagangan mesti lebih kreatif lagi untuk memanfaatkan peluang seperti penyewaan sejumlah titik untuk reklame iklan,” jelas dia.
Sumber : Solopos
Previous
Next Post »