Humas DPC PKS Banjarsari Gelar Training Kehumasan dan Fotografi

PKS Kota Solo - Untuk meningkatkan skill kehumasan kader, Divisi Humas DPC PKS Banjarsari menyelenggarakan Training Kehumasan dan Fotografi. Kegiatan tersebut berlangsung pada Minggu, 24 April 2017, mulai jam 8.00 hingga jam 12.000 di Kantor DPC PKS Banjarsari, Jalan Bone Timur, Banyuanyar, Banjarsari, Surakarta. Training diikuti oleh sekitar 20 kader PKS se Banjarsari.
Dua materi yang dipaparkan adalah Teknik Fotografi Menggunakan Smartphone, yang disampaikan oleh Ahmad Mustaqim, S.Sn, fotografer profesional dari Fotomat, Sukoharjo. Materi kedua, kehumasan dasar dan penulisan pers release disampaikan oleh Afifah Afra, dari Forum Lingkar Pena. Acara berlangsung dengan santai namun serius, terlihat dari antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut.
Dalam sambutannya, Ketua DPC PKS Banjarsari, Amin Supodo, SP menyatakan, bahwa kehumasan merupakan faktor penting dalam kesuksesan gerakan perubahan yang diusung oleh PKS. “Humas merupakan jembatan yang menghubungkan antara partai dengan konstituen. Karena itu, kami menyambut dengan baik kegiatan ini, karena dengan gerakan ‘kabeh dadi humas’, PKS akan semakin membumi di kalangan masyarakat.”
Lebih lanjut, pemateri Afifah Afra mengatakan, bahwa komunikasi politik yang baik, akan membuat PKS semakin diminati oleh publik. “Keberhasilan humas adalah ketika secara persuasif humas berhasil melakukan pendekatan kepada masyarakat, mengkomunikasikan dengan baik program-programnya, sehingga publik tidak hanya memiliki persepsi positif terhadap partai, tetapi juga memberikan dukungan, dan lebih lanjut lagi, memberikan advokasi atau pembelaan.”

Afifah Afra juga menyebutkan, bahwa saat ini kita telah memasuki era revolusi industri 4.0, mengutip pendapat Klaus Schwab, di mana segala sesuatu telah memasuki era digitalisasi. Pelaku era ini adalah generasi milenial, alias generasi Y (lahir tahun 1981-1994) yang memiliki ciri khas sangat berbeda dengan generasi baby boomers (lahir tahun 1946 – 1964) ataupun generasi X (lahir tahun 1965-1980).
“Jika PKS ingin menjadi besar, PKS harus memahami behavior dari generasi Y yang jumlahnya saat ini sekitar sepertiga dari total pemilih. Generasi Y adalah generasi yang melek teknologi dan merupakan digital native. Humas harus mampu berkomunikasi dengan baik kepada para digital native dengan bahasa-bahasa teknologi yang canggih dan mereka sukai.”
Sementara, menurut Ahmad Mustaqim, foto yang baik akan membuat image yang menarik. Oleh karenanya, meningkatkan skill fotografi, merupakan kebutuhan yang urgen bagi humas. Menurut ketua panitia, Muhammad Yusuf, kegiatan sejenis akan dilakukan lagi dengan materi yang lebih spesifik dan mendalam (Ummi Arfans).
Previous
Next Post »