Pelatihan Ketrampilan Membuat Orang Miskin Bisa Berdaya

PKS Kota Solo – Program pelatihan ketrampilan masyarakat yang diselenggerakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta mendapat tanggapan positif oleh kalangan legislator. Hal tersebut dinilai dapat memberdayakan masyarakat untuk mengasah ketrampilan dan kreatifitas daripada hanya diberikan santunan saja.
Wakil Ketua DPRD Solo, Abdul Ghofar Ismail, mengatakan sebagian warga mengharapkan model penanggulanan kemiskinan tak melulu berupa pemberian santunan-santunan. Masyarakat membutuhkan pemberdayaan agar mereka mampu hidup secara mandiri.
“Dalam reses, ada warga yang minta pekerjaan. Mereka berharap tak hanya mendapat KIP, KIS atau santunan lain. Mereka membutuhkan modal, pelatihan dan lainnya. Harapannya ada program ke pemberdayaan yang tidak hanya memelihara orang miskin. Tapi membuat orang miskin bisa berdaya,” terangnya.
Sementara itu, pada tahun 2017 mendatang,  Pemkot Solo merencanakan akan mengadakan beberapa program pelatihan ketrampilan masyarakat. Diantaranya Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian mengadakan Pelatihan kewirausahaan, Pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja, Penguatan kemampuan industri berbasis teknologi, Pembinaan kemampuan teknologi industri dan perluasan penerapan standar produk industri manufaktur .
Dinas Kepemudaan dan Olah Raga mengadakan Pelatihan kewirausahaan bagi pemuda. Sedangakn Dinas Pemberdayaan Perempuan membuat Program pengembagan lembaga ekonomi pedesaan dan Penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan tenaga teknis dan masyarakat  (editor : AR)
Sumber : Solopos
Previous
Next Post »