Pidato Politik Ketua PKS Surakarta Periode 2020-2025 Tegaskan Posisi PKS Sebagai Mitra Kritis Pemerintah

 


Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melantik pengurus harian yang diadakan secara daring di kantor DPD PKS Surakarta, Minggu (14/2). Acara pelantikan didahului dengan Pidato Politik Ketua DPD PKS Surakarta yang baru untuk periode 2020-2025, Daryono. 

Dalam Pidato Politiknya, Daryono, selaku Ketua DPD PKS masa bakti 2020-2025 terdiri dari beberapa poin antara lain:

Pertama, pelantikan pengurus DPD PKS di Bulan Februari ini bertepatan dengan banyak momentum yang mengitarinya. Antara lain adanya Hari Pers yang jatuh pada 9 Februari 2021.  DPD PKS Surakarta mengucapkan, Selamat Hari Pers Nasional. Semoga insan Pers di Solo selalu diberikan kesehatan, kekuatan, kelancaran dan keberanian dalam menjalankan amanah  sebagai penyambung aspirasi rakyat dan memperkuat pilar demokrasi di Kota Solo dan Indonesia. 

PKS Kota Solo juga menyampaikan terima kasih atas kerjasama media massa di Kota Surakarta yang telah menjadi mitra yang produktif dalam menyampaikan wacana PKS ke ruang publik di Kota Surakarta. Sehingga PKS bisa dikenal dengan baik di masyarakat. 

Kedua, pada 17 Februari 2021 bertepatan dengan Hari Jadi Kota Surakarta. Kami menyampaikan, Selamat Hari Ulang Tahun Kota Surakarta ke 276 tahun. Semoga Kota Solo semakin berseri dan masyarakatnya semakin sejahtera.

Ketiga, selain hari jadi Kota Solo, pada tanggal 17 Februari bertepatan dengan masa purna bakti jabatan Walikota dan Wakil Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo. PKS Surakarta menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi atas keberhasilan yang telah dicapai oleh pemerintah Kota Solo seperti meraih  Opini Penilaian Wajar Tanpa Pengecualian ke 10 secara berturut-turut Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) . 

Namun, kami juga  memberikan catatan adanya beberapa janji kampanye yang belum terealisasi. Seperti belum selesainya Masjid Raya Solo Raya di Sriwedari dan belum terlaksananya Rumah Sakit di semua Kecamatan. Semoga di kepemimpinan yang akan datang bisa terealisasi. 



Keempat, PKS Kota Solo juga menyampaikan selamat kepada Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso, pasangan calon walikota dan wakil walikota terpilih hasil Pemilukada 9 Desember 2020 yang telah berjalan secara tertib, aman dan damai. Ke depan, walikota dan wakil walikota Kota Solo terpilih semoga lebih baik lagi. Mengingat, dalam pemilukada 2020 kemarin, tingginya angka abstain cukup besar. Oleh karenanya menjadi tantangan tersendiri untuk membuktikan bahwa pasangan calon walikota Solo terpilih mampu menjawab keraguan sebagian masyarakat Kota Surakarta dengan sungguh-sungguh merealisasikan janji kampanye.

Dalam pemerintahan Kota Solo ke depan, PKS Solo menegaskan akan tetap menjadi mitra kritis bagi Pemerintah Kota Solo. PKS akan mengapresiasi dan siap bekerjasama dengan program kerja pemerintah yang pro kepentingan rakyat. Namun, kami juga tidak akan segan-segan untuk menyampaikan kritik kepada pemerintah Kota Solo apabila ada hal-hal yang kurang tepat dalam menjalankan program kerjanya. Dengan posisi ini PKS menempatkan diri sebagai kekuatan penyeimbang yang konstruktif di Kota Surakarta agar pemerintah yang berjalan bisa benar-benar berjalan secara demokratis dan mengedepankan kepentingan masyarakat.

PKS Kota Solo juga menargetkan meraih 10 kursi DPRD Kota Surakarta pada 2024 nanti. Agar bisa mencalonkan walikota sendiri dan memaksimalkan peran pelayanan rakyat yang lebih besar lagi. 

Pelantikan Pengurus Harian DPD PKS Solo ini dilaksanakan secara daring  serentak bersama dengan Pengurus DPD PKS daerah kabupaten / kota di tiga provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta (Jatijaya). Pelantikan dilakukan oleh Badan Pembinaan Wilayah  DPP PKS dan disiarkan secara langsung di akun Youtube dan Facebook PKS Kota Solo.

Previous
Next Post »