Serap Aspirasi Paguyuban Karawitan, Aleg FPKS DPRD Solo Didik Hermawan Ajak Nguri Nguri Budaya Jawa Agar Tidak Tergerus Modernitas

Dalam rangka serap aspirasi Reses Masa Sidang II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta, Anggota 

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Didik Hermawan mengadakan pertemuan dengan Anggota Paguyuban Karawitan Kleco Kuncoro Laras dan pegiat seni karawitan di Laweyan. Pertemuan digelar di Kelurahan Karangasem, Laweyan pada Hari Sabtu (8/5).

Dalam pertemuan tersebut, Didik Hermawan mengajak masyarakat untuk peduli dengan seni budaya lokal. Didik menghimbau untuk nguri - nguri Budaya Jawa agar tidak tergerus arus modernitas. Hal itu terlontar lantaran ada aspirasi paguyuban Karawitan Wiromo Sawo yang sudah lebih awal berdiri, sejak 10 tahun berdiri tetapi baru sekali mendapatkan bantuan pembinaan dan belum ada perhatian serius dari pemerintah Kota Surakarta.

"Masih minimnya perhatian dan pembinaan ke seni budaya ini sangat disayangkan. Padahal karawitan adalah warisan budaya yang di dalamnya penuh dengan pesan moral. Terlebih di era modernitas dan semua serba digital, generasi muda semakin jauh dari pengenalan budaya karawitan" ujar Didik

Turut hadir dalam pertemuan serap aspirasi ini antara lain pembina Paguyuban Karawitan Kleco Kuncoro Laras, Suyoto dan tokoh masyarakat Nur Hidayat. Dalam kesempatan itu Suyoto juga memberikan wejangan kepada peserta pertemuan dalam bentuk syair langgam jawa "Ojo Lamis" karya Ki Narto Sabdo.


Previous
Next Post »