Taman Satwa Jurug Bakal Miliki Wahana Kolam Keceh

PKS Kota Solo – Obyek wisata Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) bakal memiliki wahana baru berupa kolam kecehdan kolam tangkap ikan tahun ini. Arena bermain ini akan dibangun dibekas banginan akuarium yang sudah mangkrak beberapa tahun lalu.
Pembuatan tempat keceh ini menunggu kucuran dana APBD melalui penyertaan modal TSTJ 2017 senilai Rp 3 miliar.
Anggota Panitia Khusus (Pansus) Raperda Penyertaan Modal Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Sugeng Riyanto, mengatakan jika pada penyertaan modal TSTJ, Pemerintah Kota (Pemkot) menjanjikan Rp 5 miliar sebagai penambahan dana. Hanya keterbatasan aggaran maka hanya dialokasikan Rp 3 miliar untuk pembuatan kolam keceh sebagai wahana rekreasi untuk anak-anak.
“TSTJ ini mempunyai dua fungsi, yakni sebaga sarana rekreasi dan konservasi. Untuk pembenahan TSTJ yang berasal dari pusat difokuskan pada konsep reservasinya. Sedangkan Pemkot tengan berupaya menggenjot fungsi rekreasinya,” jelasnya.
Arena kolam keceh ini nantinya akan berada di zona komersial yang memiliki lias hingga dua hektar. Rencananya dibuat dua kolam, satu untuk bermain air bagi anak-anak dan satu lagi dibikin untuk kolam ikan.
Pengelola meyakini pembuatan wahan anyar ini dapat mendukung TSTJ yang dijadikan sebagai pilot pojectrevitalisasi lembaga konservasi milik pemerintah terbaik se-Asia Tenggara.
Perkiraan pembangunan dua kolam ini bakal memakan waktu selama empat bulan. Apabila dana bisa cair bulan April, maka proye tersebut dimulai sebulan setelahnya. (AR)

Sumber : Solopos
Previous
Next Post »