Peresmian Ditunda, Legislator Khawatir Fasilitas Museum Keris Rusak

PKS Kota Solo - Kalangan legislator menyayangkan semakin tak jelasnya pembukaan Museum Keris yang kali terakhir rencananya diresmikan pada 20 Mei mendatang. Para Anggota DPRD Solo ini khawatir fasilitas yang ada di Museum Keris pertama di Indonesia tersebut bakal rusak lantaran tak segera difungsikan.
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Solo, Asih Sunjoto Putro, mendesak Pemkot untuk bergerak cepat jemput bola meminta kejelasan peresmian Museum Keris kepada pemerintah pusat. Asih mengatakan masyarakat sudah banyak yang menanti seperti apa destinasi wisata baru di Kota Bengawan tersebut. Jika terus diundur, hal ini bisa mengecewakan warga yang antusias menanti dibukanya museum ini.
“Apalagi pengunduran peresmian Museum Keris ini berkali-kali terjadi. Bisa jadi, warga yang mulanya sangat berminat untuk berkunjung kemudian mengurungkan niatnya karena hal ini,” terangnya, kepada wartawan, di Kantor DPRD Solo, Kamis (3/5).
Menurutnya, kelengkapan tambahan di museum ini bisa dialokasikan sambil berjalan setelah dibuka untuk umum. Terlebih Pemkot sudah memiliki Dinas Kebudayaan melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum yang bakal bertanggung jawab penuh atas operasional museum tersebut.
Sudah hampir empat tahun sejak mulai pengerjaan pada 2013 lalu hingga sekarang, Museum Keris tak kunjung beres. Kali terakhir saat Presiden Joko Widodo berkunjung meminta pengelola menonjolkan unsur budaya Jawa, pada April lalu.
Hal ini belum ditambah dengan sejumlah fasilitas yang mendesak untuk diperbaiki seperti atap bocor hingga lift yang masih bermasalah.
“Kami takutkan kondisi bangunan tanpa ada pemeliharaan justru akan cepat rusak. Meskipun memang kewenangan untuk peresmian dan pembukaan ada di pemerintah pusat, namun Pemkot bisa mende saknya,” imbuh politikus asal PKS ini.
Museum yang diperkirakan bakal memamerkan ratusan keris ini pada mulanya akan diresmikan akhir 2015 lalu. Akan tetapi, adanya penambahan pembuatan story line dan diorama, maka mundur hingga 2016. Namun demikian, hingga sekarang kabar soal peresmian justru mengabur.
Sumber : Solopos
Previous
Next Post »