Catatan PKS Kota Solo, 6 Bulan Kepemimpinan Mas Wali Gibran Rakabuming Raka

 


Ketua DPD PKS Kota Solo, Daryono menyampaikan, PKS memberikan catatan atas kepemimpinan Mas Wali Gibran Rakabuming Raka selama enam bulan memimpin pemerintahan Kota Solo. 

Pertama, PKS Kota Solo mengapresiasi vaksinasi Kota Solo yang sudah di atas 60%. Dalam penanganan pandemi tentu ini menjadi suatu prestasi jika dibandingkan dengan daerah lainnya.

Kedua, dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Mas Wali kurang siap karena penyusunan RPJMD baru selesai 6 bulan setelah setelah dilantik. Dari RPJMD  yang telah dibahas di DPRD Kota Surakarta belum menunjukan keseluruhan janji kampanye selama pencalonan Walikota. Sehingga RPJMD terkesan normatif dan sama dengan walikota sebelumnya. Belum ada program genuine dari Mas Wali yang menjadi prioritas dan gebrakan. 

Bahasa RPJMD perlu dibuat dengan bahasa mudah dipahami oleh masyarakat. Sebagai perbandingan pada periode Walikota Hadi Rudiyatmo, agar mudah dipahami RPJMD dibahasakan dengan  singkatan 3 WMP (Waras, Wasis, Wareg, Mapan, Papan). Sehingga mudah dipahami oleh masyarakat apa yang akan dilakukan selama menjalankan pemerintahan. Kami menunggu gebrakan program Mas Wali untuk mewujudkan semua janji kampanye yang kemarin disampaikan.

Ketiga, gaya kepemimpinan Mas Wali yang dinilai masyarakat yang kurang sesuai dengan karakter budaya masyarakat Kota Solo. PKS menilai gaya komunikasi Mas Wali masih terlalu reaksional dan intimidatif. Contohnya dalam kasus Lurah Gajahan dan parkir mobil di sekolahan beberapa waktu lalu menimbulkan polemik di masyarakat yang kontraproduktif. 

PKS mengharapkan Mas Wali bisa merubah gaya kepemimpinan yang lebih 'njawani' dan egaliter sesuai dengan slogan kampanyenya menjadi Solo sebagai kota modern yang berbudaya. 

Keempat, Perhatian mengenai masalah pendidikan di masa Pandemi di Kota Surakarta belum menghadirkan solusi. PKS merekomendasikan Mas Wali agar segera memberikan solusi untuk masalah pendidikan di masa pandemi karena banyak keluhan masyarakat terkait dengan pembelajaran daring banyak menemui kendala yang dihadapi orang tua, sehingga capaian ilmu pengetahuan siswa masih sangat kurang.

Demikian catatan mengenai kepemimpinan Mas Wali dalam memimpin Kota Solo selama satu semester ini. Semoga dapat menjadi perbaikan bagi pemerintahan ke depan. 


Ketua DPD PKS Kota Surakarta

H. Daryono, ST

Previous
Next Post »