Sunday Market Manahan, Dewan: Ada Indikasi Kebocoran PAD

PKS Kota Solo - Komisi III DPRD Kota Solo mengindikasi ada kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang disetor oleh pihak UPTD Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo. Tak tanggung-tanggung, nilai setoran diprediksi mencapai ratusan juta rupiah.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Solo Sugeng Riyanto mengatakan, ada potensi sejumlah nominal retribusi yang menguap. Ia merincikan, jumlah pedagang saat ini mencapai sekitar 1.900. Apabila hanya diklaim berjumlah 1.500 saja, maka ada 400-an pedagang yang tak terhitung.

“Rata-rata retribusi Rp 2.500, maka tiap pekan bisa bocor Rp 1 juta. Dalam setahun bisa Rp 50 juta. Aturaanya per meter Rp 2.500 namun faktanya ada tarikan yang didasarkan pada jenis dagangan. Bisa mencapai Rp 50 ribu per tarikan,” terang legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Bahkan, lanjut Sugeng, pihaknya mendengar ada pungutan liar (Pungli) kepada PKL baru. Maka dari itu, Sugeng meminta agar DPPKA segera mengklarifikasi dan melengkapi data retribusi itu. Di sisi lain, ia pun mendorong Inspektorat melaporkan setiap temuan kepada Walikota. 

Sumber : Timlo
Previous
Next Post »