Dolanan Tradisional Anak Kader PKS Solo Meriahkan Halal bi Halal

PKS Kota Solo - Bertempat di Gedung Kesenian Taman Balekambang Solo pada Minggu 24 Juli 2016, tiga puluhan anak tampil ceria berbalut busana tradisional kebaya dan kain batik. Mereka adalah putra-putri dari kader PKS Kecamatan Serengan.
Penampilan dibuka oleh suara emas ananda Hida dalam lagu Padang Bulan. Kemudian berlanjut dengan bermain jamuran.
Permainan jamuran memiliki nilai filosofi yang sangat tinggi. Anak-anak saling bergandengan tanpa memandang status sosial. Mereka bergandengan membentuk sebuah lingkaran, ini menggambarkan bahwa persatuan mereka tidak akan pernah terputus.
Tidak berhenti sampai di situ, anak-anak lalu bernyanyi cublak-cublak suweng. Cublak-cublak suweng merupakan lagu dolanan karya Sunan Giri yang memiliki pesan moral yang luhur. Suweng berarti perhiasan anting yang biasa dikenakan perempuan Jawa. Lagu ini memuat pesan agar kita menjauhi nafsu keserakahan dalam mencari harta.
Akhirnya penampilan ditutup dengan tembang Gambuh yang mengajarkan bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri.
Sungguh luar biasa pesan yang ingin disampaikan anak-anak kader PKS kepada seluruh hadirin. Dengan kemasan yang apik dan menghibur semoga pesan-pesan luhur tersebut tetap abadi diingat dan diterapkan khususnya oleh anak-anak Solo. Salam dari Solo kota Budaya.
By: NEKN
Previous
Next Post »