Partisipasi Dikuatkan, Hindari Penguasaan Pemburu Rente

 


Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah @quatlyalkatiri tidak ingin negara diurus oleh para pemburu rente atau keuntungan. Supaya hal itu tidak terjadi maka peran partisipasi masyarakat harus dikuatkan melalui kelembagaan atau organisasi maupun partai politik yang dimiliki negara.

Hal itu disampaikannya saat menjadi pembicara dalam dialog bertema “Penguatan dan Pengembangan Ideologi Pancasila dan Merawat Kebinekaan Menjaga NKRI” di Gedung Teaching Factory SMKN 4 Surakarta, Sabtu (13/3/2021).

“Sistem demokrasi kita berasal dari rakyat, dikelola oleh rakyat (melalui perwakilan) dan diperuntukkan bagi kesejahteraan rakyat. Oleh sebab itulah apabila rakyat tidak mau mengurus negara, maka negara akan diurus oleh para pemburu keuntungan. Sebagai penerus bangsa, masyarakat harus turut berpartisipasi,” kata legislator PKS itu bersama anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Dapil VII pada saat menjadi narasumber. Acara tersebut diikuti sejumlah element masyarakat dan tokoh agama.

Sementara Kasubbid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jateng Widi Nugroho mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk menyemai nilai-nilai Pancasila supaya dapat menjadi fondasi dan pokok bagi tegaknya NKRI. Sekaligus secara kodrati dari berbagai ciri kebinekaan, paham soal nilai kebangsaan, partisipasi politik, paham dalam berkehidupan social.


#dprdjateng #jatenggayeng

Previous
Next Post »