Wakil Ketua DPRD Kota Solo Pertanyakan Kesiapan OPD Terkait Layanan Lapor Mas Walikota Gibran

  

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka - Teguh Prakosa sudah memerintah 7 hari lebih semenjak dilantik, Jumat (26/2/2021) lalu.Selama itu, mereka sudah mengeluarkan layanan aduan melalui WhatsApp (WA), Lapor Mas Wali yang bisa dimanfaatkan warga.

Politisi PKS, Sugeng Riyanto menilai itu sebagai wujud keakraban Pemkot Solo terhadap media sosial."Itu satu poin yang sudah selayaknya muncul, yakni akrab dengan media sosial," ucap Sugeng kepada TribunSolo.com, Sabtu (6/3/2021).

Meski begitu, Sugeng mengingatkan Pemkot Solo tetap harus mengantisipasi konsekuensi yang muncul dari bilik aduan digital itu.Kesiapan semua organisasi perangkat daerah (OPD) untuk selalu fast respon menjadi satu diantaranya."Di sini sulitnya. Mampukah mas wali mengkondisikan semua OPD untuk fast respon? Ini tantangannya," kata Sugeng."Tidak mudah mengkonsolidasikan semua OPD untuk fast respon. Yang kedua, ketersediaan anggaran untuk sigap menangani semua aduan itu," tambahnya.Oleh karenanya, Sugeng berharap Pemkot Solo berusaha agar pembangunan semua sektor bisa berjalan bagus.

Kanal tersebut memanfaatkan media sosial Whatsapp (WA).

Masyarakat bisa menghubungi nomor 081-225-067-171.

Selain WA, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut juga mengaktifkan kanal aduan melalui Instagram @gibran_rakabuming.

"Nanti warga bisa melalui media sosial, bisa Instagram lewat dirrect message, bisa comment, bisa melalui WhatsApp juga," kata Gibran kepada TribunSolo.com, Kamis (4/3/2021).Gibran mempersilahkan masyarakat mengadukan apapun, termasuk aspal berlubang maupun genangan air.Ketika membuat aduan, masyarakat bisa melampirkan foto dan keterangan lokasi yang diadukan."Nanti akan segera kita follow-up," ujarnya.Layanan aduan yang dinamai 'Lapor Mas Wali!' tersebut beroperasi selama 24 jam non stop dan belum ada pembatasan kuota aduan per harinya.

"Yang namanya sosial media tidak pernah tutup. Untuk saat ini tidak ada batasan (kuota)," ucap Gibran.Gibran juga sudah menyiapkan tim khusus yang mencatat aduan warga yang masuk ke kanal WA maupun instagram.

"Kalau saya pas saya rapat menerima tamu nanti saya serahkan ke tim saya. Itu sama saja tim saya juga sudah saya briefing semua dicatat," tutur dia."Itu agar semua permasalahan-permasalahan tadi segera di follow-up masing-masing dinas itu yang paling penting," tambahnya.


Previous
Next Post »