DPRD Solo, Percaloan Lahan Pemakaman di Solo Bikin Geram

PKS Kota Solo - Praktek percaloan diduga terjadi dalam pengelolaan lahan pemakaman di Kota Solo. Hal ini, membuat geram anggota legislatif dan meminta Pemkot supaya lebih transparan dalam kepengurusan lahan pemakaman.
“Pemerintah pusat sudah menggaungkan semangat transparansi, harusnya Pemkot Solo juga mengikuti. Apalagi, menyangkut hal kepentingan masyarakat,” kata Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD Solo, Sugeng Riyanto, Jumat (18/3).
Meski secara pribadi belum menjumpai dugaan praktek percaloan lahan pemakaman di Kota Solo, namun Sugeng telah mendengar banyak keluhan dari masyarakat. Jika hal itu benar-benar terjadi, Sugeng meminta Pemkot untuk secara gamblang memberikan informasi kepada masyarakat perihal prosedur layanan pemakaman umum. Selain itu pemkot juga harus menegakkan aturan yang ada dengan melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) agar masalah dapat terselesaikan hingga akarnya.
Besaran biaya pemakaman yang harus ditanggung masyarakat, kata Sugeng, sebenarnya telah terpampang di kantor pemakaman. Namun sayangnya, ia melihat mekanisme tersebut kerapkali tidak dapat berjalan karena masyarakat terlanjur dihadapkan dengan calo yang secara akses lebih mudah dijumpai. Belajar dari kondisi lapangan, pihaknya mendesak  Pemkot untuk memperbaiki secara umum seluruh manajemen birokrasi pemerintahan utamanya terkait pelayanan kepada masyarakat
“Kalau dana kurang bisa diajukan melalui APBD, jangan sampai masyarakat yang harus jadi korban dengan sistem calo tersebut,” kata Sugeng.
Sumber : Timlo.net
Previous
Next Post »