DPRD Solo Dukung Pencanangan Kampung Sayur

PKS Kota Solo - Komisi IV DPRD Kota Surakarta mendorong adanya gerakan penghijauan kota Solo yang dimulai dari lingkungan masyarakat. Gerakan tersebut tak hanya sebatas menanam tumbuhan besar yang mampu menyerap air dan menjadi kawasan teduh. Lebih dari itu, masyarakat diajak untuk memanfaatkan tiap jengkal lahan yang ada untuk tanaman lain macam sayuran.
Pemerintah Kota (Pemkot) Solo melalui Badan Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian pun ikut mendukung upaya tersebut. Kini, setiap lingkungan yang memiliki kelompok tani pun mendapat stimulan berupa bantuan benih sayuran. Selanjutnya, kelompok tersebut dipersilahkan untuk mengelola tanaman di kebun secara mandiri. Sebab, sejauh ini tiap kelompok masih mengandalkan dana iuran untuk sejumlah kebutuhan.
Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Surakarta, Asih Sunjoto Putro berharap kampung sayur yang dicanangkan dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat, sekaligus dalam hal penghasilan. Terlebih, apabila masyarakat mampu memaksimalkan pengelolaan dengan baik.
“Mungkin saat ini masih sebatas balik modal. Namun kalau bisa dikelola dengan maksimal saya kira bisa menghasilkan sesuatu. Mudah-mudahan semakin meningkat,” ucapnya. (AR)
Sumber : Joglosemar
Previous
Next Post »